Berita

Berita Terbaru

Bisnis Sewa Properti dengan Model Rumah Minimalis

Model rumah minimalis merupakan model rumah yang cocok untuk dijadikan rumah investasi

 

Rumah minimalis memiliki kesan rumah yang sederhana tapi elegan. Sederhana sendiri dalam bentuk ukurannya. Untuk masalah elegan atau tidaknya, itu tergantung bagaimana pemilik dalam mendesain bentuk hingga penataan setiap ruangannya.Anda pun yang ingin memulai bisnis properti seperti rumah kontrakan bisa menggunakan model rumah minimalis tersebut. Dengan ukuran-ukuran yang sederhana, Anda bisa membuat lebih banyak rumah kontrakan. Namun, Anda pun tetap bisa menghadirkan beberapa tipe dalam rumah kontrakan tersebut. Mulai dari rumah dengan 2 kamar hingga yang memiliki 3 atau 4 kamar. Dimana, untuk diperkotaan biasanya tipe rumah minimalis ini banyak dicari oleh mereka yang baru menikah dan belum mampu membeli rumah. Mengontrak rumah minimalis ini pun dijadikan pilihan sebelum akhirnya membangun atau membeli rumah yang lebih besar.

Sebagai rumah kontrakan, Anda juga harus ingat sifat rumah yang komersil. Sebisa mungkin, dalam mendesainnya Anda memiliki banyak pertimbangan. Antara lain:
1. Rencanakan segala sesuatu dalam pembangunan rumah ini sejak awal. Anda sudah memiliki rencana rumah yang dibangun tersebut untuk dijadikan kontrakan. Kemudian, Anda perhatikan sekeliling Anda, siapa yang Anda jadikan target pasar dari rumah kontrakan ini. Apakah mahasiswa, pegawai kantor, atau hanya mereka yang sudah menikah saja. Jika mahasiswa atau pegawai kantoran yang kebanyakan membutuhkan tempat tinggal berupa kamar saja, maka lebih baik Anda membuatnya jadi kontrakan dengan bentuk kamar-kamar yang ukurannya minimalis. Kenyamanan kamar mandi biasanya sangat dicari. Anda bisa membuat kamar yang lengkap dengan kamar mandi atau rumah dengan membuat kamar mandi yang lebih dari satu pada rumah dengan kamar-kamar kontrakan tersebut. Sedangkan untuk mereka yang sudah menikah dan membutuhkan kontrakan dalam bentuk rumah, maka Anda harus membangun beberapa rumah di satu lingkungan tersebut seperti membangun dalam bentuk deretan. Namun, untuk menunjukan sisi komersilnya. Buatlah desain rumah minimalis yang antara satu sama lainnya berbeda. Sehingga, mereka yang memilih mengontrak di rumah tersebut merasa nyaman karena seperti tinggal di rumah sendiri, tidak terlihat tinggal di kontrakan. Namun, bisa juga disamakan desainnya untuk menghemat budget. Sehingga, masalah desain untuk membuat rumah satu lainnya terlihat berbeda diserahkan pada mereka yang mengontrak nanti agar mereka tata sesuai selera. Sehingga, dalam pembangunannya Anda bisa mencontoh rumah-rumah yang Anda di perumahan. Satu model dan satu desain.

2. Walaupun rumah minimalis, tapi ukurannya harus pas dan penuh pertimbangan. Jika dibuat dalam bentuk kamar-kamar, pastikan ukuran kamar tersebut masuk satu ranjang, lemari, dan tempat penyimpanan lainnya. Apabila menambahkan kamar mandi, pastikan jaraknya pas agar kamar mandi tidak mengganggu kenyamanan di dalam kamar. Baik membangun dalam bentuk kamar-kamar ataupun rumah-rumah Anda tidak boleh mengurangi kenyamanan tersebut karena ingin menambah jumlah kontrakan untuk penghasilan yang lebih banyak. Walaupun dalam jumlah sedikit atau terbatas tapi orang yang mengontrak di kontrakan milik Anda ini merasa nyaman, mereka pasti betah dan tidak masalah sekalipun Anda memasang harga yang lumayan tinggi. Kontrakan pun nantinya bisa menjadi rekomendasi dari para konsumen Anda ini kepada calon konsumen lain, yang juga sedang mencari kontrakan.

3. Melihat dari target pasarnya, maka pilihlah lokasi tanah yang memang dekat dengan target pasar tersebut. Selain itu, kawasan juga harus aman dan strategis, dekat kemana-mana. Tunjukan nilai lebih dari lokasi sebagai salah satu pertimbangan harga yang akan Anda berikan.

Bisnis Properti rumah kontrakan memang sangat diminati. Selain sebagai bentuk usaha, bisnis ini juga bisa menjadi investasi masa depan. Rumah selalu dibutuhkan sampai kapanpun. Walaupun Anda tidak akan mengontrakannya lagi, nanti bisa dijual kembali. Harga tanah dan rumah pun selalu bertambah sesuai dengan kestrategisan lokasinya. Jadi, cari lokasi yang memang menunjang harga jual tinggi tersebut.
Harga jual yang tinggi merupakan salah satu pertimbangan kenapa banyak orang memilih bisnis property berupa kontrakan tersebut. Namun, Anda pun bisa mencoba bisnis property lainnya yang sama tipis resikonya dan bisa menjadi investasi masa depan.

1. Bisnis tanah kavling. Awal mula bisnis tanah untuk bangunan perumahan ini bisa Anda lakukan untuk berjualan tanah orang. Tapi, jika sudah memiliki modal cukup, Anda bisa membeli tanah sendiri lalu menjual tanah milik Anda ini. Harga jualnya bisa lebih tinggi dari harga belinya. Ini akan sangat menguntungkan untuk Anda.

2. Anda pun tidak harus selalu menjual tanah kavling tersebut secara langsung. Untuk keuntungan dengan jangka yang lebih panjang, Anda bisa membangun bangunan ruko, townhouse, perumahan, hingga apartemen yang bisa disewakan. Sehingga, dalam mendapatkan nilai jualnya di kemudian hari Anda bisa mendapatkan nilai jual untuk tanah dan bangunannya. Sementara, sebelum memutuskan menjual di masa mendatang, Anda tetap bisa menyewakan bangunan-bangunan tersebut dan mendapatkan keuntungannya baik per bulan maupun per tahun.

3. Masuki juga pasar tanah untuk bisnis dan investasi. Sama seperti pada tanah kavling, Anda juga bisa membangun rumah di tanah yang Anda beli sebelum menjualnya. Dengan pertimbangan harga tanah dan harga pembangunan rumah, serta nilai yang dimiliki oleh tanah maupun bangunannya di masa mendatang, Anda bisa menjualnya dengan harga yang tinggi.

4.Jika ingin masuk ke pasar property, Anda juga bisa membeli rumah, ruko, toko, atau apartemen yang harga sewanya bisa terus naik. Anda kemudian tinggal menyewakannya.

Beberapa jenis bisnis property di atas layak Anda coba. Baik yang Anda mulai dengan tanpa modal, modal kecil, atau langsung besar. Anda bisa mengikuti terus pasar property dan informasinya saat ini. Misalnya mengetahu harga pasaran tanah, rumah atau bangunan, harga sewa property di setiap kotanya. Karena, setiap kota pasti memiliki harga yang berbeda-beda untuk harga sewa maupun jual tanah dan bangunannya. Semakin besar kotanya, semakin strategis wilayahnya, biasanya harganya juga akan semakin mahal. Tapi, Anda yang di daerah pedesaan misalnya, jangan khawatir. Di pedesaan, harga tanah apalagi dalam bentuk sawah juga memiliki nilai sewa dan jual yang tetap tinggi. Jika Anda ingin mencoba bisnis tanah di pedesaan, bisa mencoba bisnis tanah pesawahan tersebut.

Info lebih lanjut Sewa/Jual Properti

Walaupun tipis resikonya, Anda jangan anggap remeh dan tidak mau belajar lebih banyak mengenai bisnis ini. Semakin Anda mempelajarinya lebih dalam, semakin jauh dan banyak pula peluang lain dari bisnis ini yang bisa Anda temukan. Jika ada pameran-pameran yang berhubungan dengan property, cobalah berkunjung. Ketahui trend dan juga ilmunya. Anda yang tidak memiliki basic pendidikan bisnis, tapi memiliki niat dan keyakinan sukses dalam bisnis ini, bisa memperlajarinya secara otodidak tapi serius. Karena, banyak diantara mereka yang terjun dan berhasil di dunia bisnis ini awalnya tidak memahami apa itu bisnis property. Tapi, berbekal kemauan, mereka bisa menginspirasi para pebisnis property pemula lainnya.