Berita

Berita Terbaru

Keuntungan Membeli atau Menjual Rumah Melalui Agen Properti

Menggunakan jasa agen properti memang memiliki banyak kelebihan dan manfaatnya lebih terasa saat konsumen memakai jasa agen berpengalaman.

Perlu diketahui, ada beberapa agen atau broker yang sangat berorientasi pada target harga jual rumah yang tinggi. Jadi konsumen perlu memilih, dari sekian banyak agen properti, mana yang paling pas diajak bertukar pikiran dan membantu memilihkan rumah.

Ada pula agen yang bertindak sebagai buyer agent. Seorang buyer agent benar-benar seimbang dalam melayani pembeli dan penjual. Dalam hal ini, si agen akan berusaha seoptimal mungkin menekan harga pembelian rumah, sekaligus mendapatkan bangunan dan lingkungan yang cocok bagi konsumen

Berikut ini keuntungan memakai agen properti yang berpengalaman:

  • Mempermudah konsumen dalam proses pembelian rumah.
  • Membantu mencari rumah sesuai dengan lokasi, selera, dan anggaran konsumen.
  • Membantu memberikan informasi tentang lingkungan, beragam fasilitas, dan karakteristik wilayah dan lokasi yang diminati.
  • Membantu konsumen dalam menaksir harga rumah.
  • Membantu menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam transaksi, serta mencarikan solusi dan pendamping atas masalah transaksi properti yang muncul.
  • Membantu mengenalkan konsumen dengan notaris dan pejabat PPAT dan Memberikan nasihat dan bantuan pada pemilik rumah baru, diantaranya jasa pemindahan barang.
  • Besar komisi/successful fee bagi beberapa agen premium adalah 2.5% – 5% dari nilai transaksi. Sedangkan untuk jasa lainnya masih dapat ditawar. Hal ini biasanya dikenakan kepada pihak penjual saja tergantung kesepakatan diawal.
  • Agen properti akan mengambil alih segala macam tugas yang diperlukan dalam menjual rumah, seperti memasang iklan, baik di media cetak, internet, spanduk, atau plang di depan properti yang akan dijual.

Sebagai perantara penjual dengan pembeli atau penyewa properti, keberadaan broker properti amat diperlukan. Apalagi, belakangan agen properti telah menjadi profesi yang cukup diminati, yang terbukti dari menjamurnya perusahaan-perusahaan broker agen properti baru.
Secara umum, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh pemilik atau penjual properti dengan memakai jasa broker/agen properti

Julizar.com dapat membantu anda dan memungkinkan klien untuk mencapai hasil yang paling efektif.
yakni:

  1. Mendapat layanan yang akurat dan pasti.
  2. Memperoleh informasi (kondisi, harga rumah, dan lain-lain) yang obyektif.
  3. Mempercepat proses transaksi (jual-beli atau sewa).
  4. Menghilangkan potensi waktu dan tenaga dalam proses penjualan.
  5. Mengurangi beban biaya yang tidak perlu.

Kendati demikian, untuk memakai jasa agen, pemilik/penjual properti harus menyisihkan uang sebesar 2.5% – 5% dari nilai jual, untuk komisi (marketing fee) bagi broker jika transaksi telah terlaksana. Batasan waktu yang jelas dalam proses pemasaran juga harus dibicarakan secara tuntas, agar tidak terkatung-katung dalam penjualan/pembelian rumah.

Baca juga di Mahkotaproperty.com konsultan properti terkemuka di Indonesia dan sudah berpengalaman di bidang real estate. Berperan sebagai professional agen sewa dan jual.