Berita

Berita Terbaru

Mencicipi Keuntungan Investasi Properti Khususnya Apartemen

Ketahui seluk-beluk investasi apartemen agar harapan mendulang untung bisa segera terwujud

 

Menurut konsultan keuangan, investasi properti di Indonesia, khususnya pembelian unit apartemen, memang tengah naik daun akhir-akhir ini. Kelengkapan fasilitas serta aksesibilitas yang tinggi membuat kian banyak orang memilih apartemen sebagai tempat tinggal. Berdasarkan riset yang dilakukan perusahaan jasa properti Colliers International Indonesia, untuk kuartal II tahun 2015, kinerja apartemen yang disewakan berada di kisaran 75-80% (berlokasi di prime area) dan 69,8-70% (berlokasi di nonprime area). Sedangkan, potensi keuntungan dari apartemen yang dijual kembali pada kurun waktu 2-3 tahun setelah terbangun bisa mencapai 50-80%.

Potensi keuntungan yang disebutkan tadi amat mungkin diraih asalkan calon investor menjatuhkan pilihan pada properti yang tepat, dengan pertimbangan sebagai berikut:

1. Lokasi strategis

Apartemen yang terletak di tengah kota dan berada tak jauh dari pusat bisnis dan perkantoran tentunya menjanjikan keuntungan investasi properti yang lebih tinggi, dibandingkan apartemen yang berlokasi di pinggir kota. Meski demikian, apartemen yang terletak di pinggir kota juga tetap layak dijadikan investasi, apabila di sekitarnya terdapat permukiman komunitas ekspatriat, kompleks perguruan tinggi, pabrik, gedung perkantoran, rumah sakit dan pusat aktivitas lain yang membutuhkan akomodasi tempat tinggal.

2. Fasilitas lengkap 

Kelengkapan fasilitas adalah salah satu nilai plus yang menarik minat orang untuk tinggal di apartemen. Harga sewa dan iuran perawatan yang lebih tinggi seringkali tidak menghalangi minat calon penyewa, apabila kompleks apartemen dilengkapi dengan sarana olahraga (pusat kebugaran, kolam renang, lapangan tenis, jogging track, dll), taman bermain, minimarket, restoran, tempat parkir pribadi, jumlah lift yang memadai, serta kelengkapan fasilitas lainnya.

Cari Apartemen Jual atau Sewa di Jakartaresidence

3. Reputasi Pengembang

Sebelum memutuskan untuk membeli unit apartemen yang belum atau masih berada dalam tahap pembangunan, perhatikan siapa sosok pengembang yang berada di balik pembangunannya. Pilih pengembang yang memiliki reputasi baik dan telah memiliki pengalaman membangun apartemen berkualitas prima. Sikap berhati-hati ini dibutuhkan, karena ada sejumlah apartemen yang tak kunjung selesai pembangunannya setelah bertahun-tahun, sehingga uang muka yang telah dibayarkan konsumen tak jelas nasibnya.

4. Reputasi pengelola gedung

Selain reputasi pengembang, reputasi pengelola gedung juga perlu mendapat perhatian. Pasalnya, ada sejumlah apartemen yang terletak di lokasi strategis namun sepi penyewa akibat pengelolaan gedung yang tidak mumpuni: kebersihan kawasan tak dipelihara, fasilitas olahraga tidak terurus, kerusakan minor di unit apartemen tak kunjung dibenahi, jumlah petugas keamanan yang tak memadai, dan sebagainya. Hal-hal seperti ini tentunya akan mencederai kenyamanan bermukim di apartemen sehingga menyurutkan minat calon penyewa.

5. Asuransi properti

Baik dengan tujuan disewakan ataupun dijual kembali, kepemilikan polis asuransi properti amat penting dipertimbangkan untuk melindungi unit apartemen yang Anda beli. Dengan demikian, nilai investasi properti Anda akan tetap stabil meski terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran, kerusakan akibat kebocoran instalasi air, gempa bumi, dan sebagainya

Baca juga Artikel Properti lain : Mahkotaproperty.com