Berita

Berita Terbaru

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 103 Tahun 2015

Peraturan Kepemilikan Properti Bagi Orang Asing Di Indonesia

Setelah melalui perdebatan panjang dan silang pendapat pro-kontra, akhirnya Presiden Joko Widodo secara resmi mengeluarkan PP No 103 Tahun 2015 yaitu aturan baru perihal kepastian hukum Warga Negara Asing (WNA) dapat membeli dan memiliki hunian di Indonesia. Peraturan kepemilikan properti asing ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 103 Tahun 2015 yang disahkan akhir Desember 2015.

Dalam PP 103 Tahun 2015 tersebut, pemerintah secara resmi telah mengumumkan bahwa warga negara asing (WNA) dapat membeli hunian di Indonesia, Warga Negara Asing yang dimaksud adalah bagi mereka yang bekerja, berinvestasi atau yang dapat memberikan manfaat di Indonesia.

Peraturan tersebut juga berisi tentang, hunian yang dapat dibeli dan dimilliki oleh Warga Negara Asing (WNA) yang berupa rumah tinggal di atas tanah (rumah tapak). Selain itu apartemen ataupun kondominium jika termasuk. Dua jenis hunian tersebut dapat dibeli dengan status Hak Pakai. Batasan waktu kepemilikan yang diberikan cukup lama yaitu 30 tahun dan dapat diperpanjang 20 tahun dan juga dapat diperbarui kembali 30 tahun lamanya sehingga batas waktu kepemilikan rumah hingga 80 tahun.

Dalam aturan kepemilikan properti asing baru tersebut menegaskan, orang asing yang membeli properti di Indonesia wajib tinggal di Indonesia. Jika WNA yang bersangkutan sudah tidak tinggal di Indonesia dalam kurun waktu maksimal satu tahun, maka mereka wajib melepaskan atau mengalihkan hak atas rumah dan tanahnya kepada orang lain yang memenuhi syarat. Jika dalam waktu tersebut belum juga dilepaskan, maka rumah tersebut nantinya akan di lelang oleh negara.

Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap silahkan download disini