Mungkin anda saat ini sedang merencanakan membuat sebuah bisnis baru dan sedang mempertimbangkan berbagai ide bisnis dan peluang pasar, tetapi tidak semuanya layak untuk dicapai dan diaplikasikan. Tentu saja penting sekali untuk mempersempit pilihan Anda dari beberapa pilihan hanya menjadi satu pilihan yang akan Anda fokus pada ide yang  memiliki potensi keberhasilan tertinggi.

Jika anda terlalu banyak menerapkan ide dan inisiatif untuk pertumbuhan bisnis anda bisa saja itu menjadi sebuah ancaman dan berbahaya bagi bisnis Anda itu sendiri. Menurut Harvard Business Review, “Ketika daftar prioritas tim eksekutif tumbuh, pendapatan perusahaan sebenarnya menurun relatif terhadap rekan-rekannya.” Tetapi berfokus pada sejumlah kecil inisiatif yang menjanjikan dapat mengarah pada pertumbuhan pendapatan di atas rata-rata.

Ikuti lima langkah ini untuk mengevaluasi daya tarik peluang pasar baru dan mulai memprioritaskan inisiatif pertumbuhan bisnis Anda.

Analisa pelanggan dan pesaing Anda

Untuk melakukan reset pasar, ada baiknya anda menggunakan konsultan riset riset pasar untuk menganalisis pelanggan dan pesaing Anda. Ini akan membantu Anda mengevaluasi apakah permintaan untuk suatu produk / layanan itu ada dan apakah masuk ke pasar baru yang potensial bermanfaat bagi perusahaan Anda.

Identifikasi segmen konsumen yang berbagi karakteristik umum seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pendapatan, pekerjaan, dan tempat tinggal, atau variabel yang lebih seperti gaya hidup, kebiasaan dan lain lain. Juga pertimbangkan motivasi konsumen. “Pekerjaan” apa yang ingin dilakukan pelanggan? Hambatan apa yang membatasi konsumsi?

Mengetahui siapa pesaing utama Anda dan menilai kekuatan dan kelemahan mereka juga dapat menerangi strategi pertumbuhan spesifik dan cara-cara untuk membedakan produk dan layanan Anda.

Ketahui Kebutuhan Pasar Tertinggi

Penting sekali bagi anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang pasar secara keseluruhan dan apa potensi terbaik dan tertinggi dari pasar tersebut.

Anda perlu mengetahui mana potensi yang terbaik jika anda tidak mau terjebak dalam kerugian. Konsultan riset pasar adalah ahli dalam memberikan gambaran objektif keseluruhan dan dapat membantu Anda menjauh dari pemikiran yang negatif dalam perusahaan anda.

Dalam menganalisis pasar, beberapa pertanyaan dasar ini harus di jawab:

  • Berapa ukuran pasar yang tersedia dan yang ingin di capai?
  • Seberapa cepat pasar berkembang atau menyusut?
  • Seberapa besar kekuatan pembeli?
  • Apa saja hambatan untuk masuk?
  • Apa daya tawar pemasok?
  • Apa intensitas kompetisi?
  • Apakah ada ancaman pendatang baru atau produk atau layanan pengganti?

Beberapa poin di atas bisa anda pelajari dari potter analysis

Cari peluang yang berdekatan atau hampir sama (Adjacent Market)

Mengejar peluang yang berdekatan juga bisa menjadi strategi kemenangan dan menguntungkan. Tujuan di balik ekspansi ke pasar yang berdekatan adalah untuk meningkatkan kemampuan bisnis yang ada dan menerapkannya ke pasar yang jelas baru. Ketika Anda memikirkan pasar bisnis Anda saat ini, Anda melihat persimpangan Produk, Pelanggan, dan Aplikasi.

Ekspansi ke pasar yang berdekatan (Adjacent Market) dapat menjadi metode yang efektif untuk mencapai pertumbuhan, tetapi seringkali merupakan jalur yang penuh dengan bahaya dan banyak peringatan.

5 Cara Melakukan Analisis Peluang Pasar - Adjacent Market 250x139

Saat memilih pasar yang berdekatan baru, ada dua dimensi untuk menilai:

  1. Potensi Penciptaan Nilai,
  2. Aksesibilitas Pasar

Pahami lingkungan bisnis

Bidang lain untuk dijelajahi adalah lingkungan bisnis secara keseluruhan yang dapat memiliki dampak mendalam pada kinerja perusahaan dan cara industri beroperasi.

Lingkungan bisnis mencakup faktor-faktor seperti:

  • Perkembangan informasi dan teknologi
  • Regulasi pemerintah
  • Pergeseran geopolitik
  • Indikator ekonomi
  • Kebijakan perdagangan
  • Norma sosial dan budaya

Temukan riset pasar yang paling anda butuhkan

Mengumpulkan  informasi yang anda butuhkan dapat membutuhkan waktu, upaya, dan keahlian yang signifikan, tetapi laporan riset pasar dapat memberi Anda bantuan dukungan dalam memecahkan masalah anda.

Dalam laporan riset pasar, Anda akan menemukan informasi tentang ukuran pasar, pangsa pasar, perkiraan pasar, informasi tentang peraturan, demografi konsumen, dan banyak lagi. Selain itu, banyak laporan yang secara eksplisit berbagi analisis tentang peluang kunci untuk pertumbuhan di masa depan, inovasi produk generasi mendatang, dan strategi pemasaran.

Jika Anda meneliti ceruk pasar yang tidak tercakup dalam laporan yang diterbitkan, Anda juga dapat menugaskan proyek riset pasar khusus agar sesuai dengan spesifikasi unik Anda. Kami dapat membantu perusahaan dalam memecahkan masalah pemasaran produk baru, perluasan pasar geografis, merger dan akuisisi, intelijen kompetitif, suara pelanggan, dan perencanaan strategis.