Apa yang di maksud dengan Koefisien Dasar Bangunan atau KDB

Koefisien Dasar Bangunan

Koefisien Dasar Bangunan atau KDB

Sebelum anda mulai membangun aspek utama yang harus anda ketahui adalah berapa Koefisien Dasar Bangunan atau KDB yang bisa anda bangun. Sangat mudah untuk mengetahui brp KDP yang bisa anda manfaatkan. Caranya adalah, Anda tinggal datang ke dinas tata kota setempat atau PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) setempat.
Koefisien Dasar Bangunan atau KDB adalah angka dasar yang berupa persentase perbandingan antara luas seluruh lantai dasar bangunan yang dapat digunakan atau dibangun dari jum;lah keseluruhan luas lahan anda. Angka KDB biasanya berupa persentase. Misalnya 70% atau mungkin saja bisa lebih rendah dari 70%.

Artinya KDB adalah batas maksimal lahan yang bisa anda manfaatkan untuk dibangun dalam suatu tapak lahan atau luas tanah anda. Dengan di ketahui berapa KDB anda dengan mudah mengetahui berapa luas bangunan yang bisa anda bangun. Untuk mengetahui berapa Koefisien lantai bangunan (KLB) anda juga bisa mengetahuinya di PTSP setempat. Jika dua hal ini sudah anda ketahui, anda sudah bisa menghitung dengan pasti jumlah luas bangunan dan jumlah lantai yang bisa anda manfaatkan.

JS Consultant sebagai Konsultan Properti tidak akan membahas terlalu dalam mengenai KDB dan KLB karena informasi ini bisa anda dapatkan di dinas PTSP setempat. Ini merupakan aturan baku. Agak sulit jika anda ingin merubah rasionya. Walaupun susah tapi pada prinsipnya angka tersebut masih bisa berubah tergantung dari lokasi properti anda atau kebijakan pemerintah setempat.

Perlu untuk anda ketahui Nilai KDB setiap wilayah tidak sama. Sebabnya ada beberapa hal, antara lain perbedaan peruntukan, kebijakan dan lokasi. Besaran nilai KDB dapat anda ditemukan dalam Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) Rencana Detil Tata Wilayah di masing-masing daerah. Ini lebih lazim disebut dengan RTRW.
Bagai mana cara menghitung Koefisien Dasar Bangunan atau KDB?

Rumus KDB:

Luas tapak bangunan (Lantai dasar)

dibagi Luas lahan kemudian dikalikan 100%

×
Hallo.. Terima kasih sudah menghubungi Julizar Sayuti Consulting.
Bagaimana kami bisa membantu anda?
Jam operasional kami Senen - Jumat 08.30 s/d17.00 Sabtu 09.00 - 15.00 WIB
JUAL - BELI - SEWA PROPERTY