Beberapa Hal penting dalam Bisnis Properti agar tidak mengalami kerugian

Beberapa Hal penting dalam Bisnis Properti agar tidak mengalami kerugian - beberapa hal penting dalam bisnis properti agar tidak mengalami kerugian 673x323

Berinvestasi dalam bisnis Properti

 

Investasi dalam bisnis properti memang sangat menguntungkan namun ada beberapa catatan penting lainnya yang harus Anda ketahui tentang investasi bisnis properti ini . Hal ini juga bisa saja berpotensi memberikan kerugian yang jauh lebih besar daripada modal yang telah Anda keluarkan. Sebagai seorang investor maka Anda wajib mengetahui beberapa catatan penting dalam berinvestasi properti serta kelemahan dalam investasi properti agar dapat meminmalisir kerugian dan menambah nilai jual dari properti tersebut. Berikut ini akan saya sampaikan beberapa catatan penting dalam berinvestasi properti agar tidak mengalami kerugian dan kegagalan ;

1. Perhatikan Perawatan Properti Agar Terhindar Dari Kerusakan

Sebagai seorang investor seharusnya Anda sudah mengetahui jika bisnis properti ini bukan merupakan bisnis yang murah , dimana Anda hanya membeli properti kemudian membiarkan properti tersebut menghasilkan keuntungan seperti apa yang Anda inginkan tanpa anda urus . Oleh karena itu agar bisnis Anda ini bisa menghasilkan pendapatan yang besar maka anda harus memastikan properti tersebut dalam keadaan aman dan tidak terjadi kerusakan apapun. Apabila properti dibiarkan rusak maka akan membuat harga jual dari properti tersebut menjadi turun, sehingga kemungkinan besar Anda akan mengalami kerugian . Oleh karena itu, untuk menghindari itu semua anda juga harus menyediakan biaya perawatan agar properti anda tersebut selalu dalam kondisi yang terawat sampai nanti jika sudah laku terjual dan menghasilkan keuntungan yang banyak .

2. Perhatikan Keluarnya Modal

Investasi dalam bisnis properti juga merupakan investasi yang bersifat padat modal. Hal itu dikarenakan semakin besar modal yang ditanamkan dalam properti yang Anda miliki maka akan semakin besar juga hasil yang akan anda dapatkan dalam investasi properti tersebut . Namun yang perlu diperhatikan , hal ini juga termasuk keluarnya modal seperti biaya pembanguanan, biaya perawatan dan tentu saja fasilitas lainnya yang ada dalam properti anda .

3. Pahami Perbedaan Yang Signifikan

Banyak yang sudah paham tentunya dalam bisnis properti biasanya harga akan menentukan kondisi penawaran dan permintaan oleh karena itu anda harus mengerti tentang ini. Harga properti biasanya akan ditetapkan berdasarkan sifat-sifat pasar lokal dan adanya hal baru yang akan sangat mempengaruhi dalam permintaan dan juga penawaran harga dari properti tersebut. Tentang hal ini anda perlu memahami apabila ada satu perbedaan signifikan antara menilai properti maupun saham.

Pembelian properti ini biasanya akan melibatkan pihak ketiga yang biasanya adalah Bank ataupun pihak lainnya yang akan menanggung terlebih dahulu biaya pembeliannya.

baca juga : Mahkotaproperty.com

4.Persiapkan Biaya Yang Lebih Tinggi

Agar dapat berinvestasi dalam bisnis properti anda diwajibkan untuk mengeluarkan biaya yang lebih tinggi jika dibanding dengan berinvestasi di bidang lain. Nantinya biaya yang harus Anda lengkapi adalah pajak yang menyangkut properti dan lainnya . Selain itu anda juga perlu mempunyai modal yang tidak sedikit , untuk mendapatkan properti dengan harga jual yang lebih tinggi .

5. Perlu Waktu Yang Tidak Sebentar Untuk Membeli Produk Properti

Dalam membeli produk properti yang sesuai keinginan tidak akan bisa Anda dapatkan dalam waktu singka tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar . Anda harus menunggu dalam hitungan mingguan, bulanan atau bisa juga tahunan. Hal ini sebenarnya sudah sering disebut dalam sifat properti yang tidak likuid . Bahkan seorang ahli properti ada yang mengatakan jika anda ingin berbisnis dalam properti maka Anda harus mencari ratusan properti dan anda harus memilih tiga yang terbaik untuk mendapatkan satu properti yang akan Anda jalankan .

6. Jangn Sampai Pengetahuan Anda Terbatas

Bisnis properti dapat dikatakan sebagai bisnis dengan pengetahuan terbatas , karena mau tidak mau Anda haynya akan memiliki pengetahuan yang terbatas . Hal ini disebabkan karena properti itu bersifat lokal. Oleh karena itu harga sebuah rumah di satu tempat tidak akan sama seperti daerah yang lainnya. Faktor ini yang membuat Anda sebagai investor harus benar-benar teliti dan harus melakukan survei terlebih dahulu terhadap lokasi properti yang akan anda beli . Jangan sampai Anda membeli properti di daerah dengan harga lebih tinggi dari harga biasanya yang ada di daerah tersebut.

7. Berpikir Keras Agar Tidak Terjadi Penyusutan Bangunan

Investasi properti yang berbasis pada tanah dan bangunan tentunya lama kelamaan akan mengalami penyusutan meskipun dari tahun ke tahun harga jual ini terus meningkat. selain hal itu, Anda juga perlu mengetahui bila bangunan berupa rumah secara teori memiliki umur maksimal dalam pemakaian sehingga bangunan ini bisa saja mengalami penyusutan. Bahayanya lagi jika rumah Anda tidak dapat terjual dalam jangka waktu yang lama, maka bisa saja bangunan rumah anda akan hancur dan tentunya membutuhkan perbaikan. Entah itu perbaikan untuk perawatan atau perbaikan model dan desain yang tiap waktu selalu berubah-ubah sesuai trend .

8. Perhatikan Bangunan Jika Terjadi Bencana Alam

Jika dibandingkan dengan investasi yang lainnya, investasi properti ini hanyamemiliki resiko sedikit tapi lebih berbahaya karena memiliki risiko kehancuran tanah dan bangunan yang bisa disebabkan karena bencana alam . Bangunan anda dapat dengan mudah hancur karena gempa, Tsunami, tanah longsor atau bisa juga karena kebakaran. Meskipun begitu , ini masih bisa Anda atasi dengan mengikuti asuransi walaupun anda harus membayar premi tiap bulannya. Dengan memahami semua strategi dan berbagai macam potensi kerugian dalam bisnis properti ini maka ada harus lebih bijak dan lebih matang lagi dalam memilih produk investasi. Ketika investasi properti Anda mengalami cobaan maka anda sudah siap dengan investasi yang lain untuk menanggulangi segala resiko yang ada agar tak mengalami kerugian . Pada dasarnya keberanian Anda dalam berinvestasi dan perhitungan yang tepat , nanti akan membuat Anda menjadi seorang yang ahli dalam dunia investasi.

9. Miliki Bisnis Properti Bukan Hanya Di Satu Tempat

Cari property di : Julizar.com

Jika anda sudah merasa nyaman untuk berinvestasi properti, tentunya Anda juga ingin menambah investasi anda agar menambah keuntungan Anda dan akan berlipat ganda . Meski begitu, sebagai strategi cadangan sebaiknya anda jangan membeli properti di satu lokasi saja. Contohnya bila anda membeli properti di Lokasi 1 dalam Perumahan 1A maka anda boleh memiliki aset properti lainnya di Lokasi A dalam Perumahan 2A atau bahkan jika bisa di Lokasi 2 perumahan 1A. Hal ini bertujuan agar anda dapat melakukan diversifikasi investasi kepada aset yang anda punya , sehingga bila terjadi sesuatu hal yang tidak anda diinginkan pada satu perumahan maka anda masih mempunyai lahan bisnis properti lainnya lagi yang dapat anda manfaatkan untuk menghasilkan keuntungan yang lain.

Misalnya jika properti di satu kawasan hancur karena bencana alam dan risiko lainnya, maka Anda masih mempunyai aset lainnya yang dapat menguntungkan Anda. Anda juga perlu memperhatikan lokasi properti yang Anda pilih, hal ini karena lokasi merupakan hal penting dalam investasi properti yang Anda jalankan saat ini. Semakin strategis lokasi properti yang Anda miliki, maka potensi keuntungan yang besar akan datang kepada Anda. Kebanyakan properti di kawasan strategis memang tinggi harganya namun jika konsumen meminati properti yang Anda miliki maka tidak ada salahnya Anda menjual properti tersebut dengan harga jual yang lebih mahal. Jika properti berada di lokasi strategis tentunya tidak akan pernah sepi dari peminat.

×
Hallo.. Terima kasih sudah menghubungi Julizar Sayuti Consulting.
Bagaimana kami bisa membantu anda?
Jam operasional kami Senen - Jumat 08.30 s/d17.00 Sabtu 09.00 - 15.00 WIB
JUAL - BELI - SEWA PROPERTY