Apa yang di maksud dengan Market analysis atau analisa pasar

Analisis pasar mempelajari daya tarik dan dinamika pasar khusus dalam industri khusus. Ini adalah bagian dari analisis industri dan dengan juga analisis lingkungan secara global. Melalui semua analisis ini, kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) perusahaan dapat diidentifikasi. Dengan bantuan analisis SWOT, strategi bisnis perusahaan yang memadai dapat ditentukan.  Analisis pasar juga dikenal sebagai investigasi terdokumentasi tentang pasar yang digunakan untuk menginformasikan kegiatan perencanaan perusahaan, khususnya seputar keputusan inventaris, pembelian, perluasan / kontraksi tenaga kerja, perluasan fasilitas, pembelian peralatan modal, kegiatan promosi, dan banyak lagi aspek lain dari suatu perusahaan.

Analisis Pasar dari sebuah rencana bisnis harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dan integral dengan rencana lainnya. Market Analysis  harus memberikan ikhtisar terperinci tentang industri tempat Anda akan menjual produk atau layanan Anda, termasuk statistik untuk mendukung klaim Anda.

Secara umum, bagian analisis pasar harus mencakup informasi tentang industri, target pasar Anda, pesaing Anda dan bagaimana Anda berniat membuat tempat untuk produk dan layanan Anda sendiri. Data yang luas untuk bagian harus ditambahkan pada akhir rencana bisnis sebagai lampiran. Data statistik adalah hal yang paling penting yang harus termasuk dalam bagian analisis pasar itu sendiri.

Analisis pasar atau Market Analysis  adalah proses mempelajari hal-hal berikut:

  • Siapa pelanggan potensial anda?
  • Bagaimana kebiasaan membeli dan berbelanja mereka?
  • Berapa jumlah pesaing anda?
  • Seberapa kuat mereka?
  • Apa tantangan dan kesuksesan mereka?
  • Apa kekurangan dan kekuatan mereka?

Untuk lebih jelas, akan saya uraikan hal hal pokok yang mesti di lakukan untuk analisis pasar dari sebuah rencana bisnis. Ini harus mencakup bagian-bagian berikut:

Deskripsi Industri dan gambarannya: Statistik terperinci yang menentukan industri termasuk ukuran, tingkat pertumbuhan, tren, dan prospek.

Target Pasar: Siapa klien / pelanggan ideal Anda? Data ini harus mencakup demografi  yang Anda targetkan termasuk usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan preferensi gaya hidup. Bagian ini juga harus mencakup data tentang ukuran pasar target, potensi pembelian dan motivasi audiens.

Hasil Uji Pasar (Market Test Results): Di sinilah Anda memasukkan hasil riset pasar yang Anda lakukan sebagai bagian dari penyelidikan awal Anda ke pasar. Detail tentang proses pengujian Anda dan statistik pendukung harus dimasukkan dalam lampiran.

Analisis Kompetitif (Competitive Analysis): Siapa pesaing Anda? Apa kekuatan dan kelemahan kompetisi? Apa hambatan potensial yang mencegah Anda memasuki pasar?

Bagaimana Cara Melakukan Riset Pasar – 2019

Apa Arti Captive Market?

5 Cara Melakukan Analisis Peluang Pasar

Undang-undang No. 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman

Cara Membuat Analisis Pasar - Market Analysis
Cara Membuat Analisis Pasar - Market Analysis 1

Apa yang di maksud dengan Market analysis atau analisa pasar Analisis pasar mempelajari daya tarik dan dinamika pasar khusus dalam industri khusus. Ini ada

Editor's Rating:
5.9