Cara Menghemat Pemakaian Listrik dirumah

Listri Juga Menjadi Faktor dalam menaikan suhu panas dan alangkah bijaknya untuk membiasaka hemat listrik

Seiring bergulirnya waktu, populasi manusia di dunia kian bertambah, yang berdampak pula pada semakin banyaknya penggunaan energi listrik. Gerakan hemat energi pun dilakukan agar keseimbangan dunia tetap terjaga. Salah satunya dengan merancang rumah yang bisa meminimalkan penggunaan listrik, seperti lampu.

Berkaca dari penataan rumah gaya Skandinavia, umumnya tempat tinggal di daerah yang lebih banyak mengalami musim dingin itu memiliki jendela-jendela yang lebar. Pencahayaan alami menjadi hal penting bagi orang yang tinggal di negara Skandinavia seperti Swedia, Norwegia dan Finlandia karena minimnya mereka mendapatkan sinar matahari.

“Jendela besar bisa irit listrik karena rumah bisa dapat banyak cahaya alami. Jadi bisa jadi pengganti lampu kalau siang hari.

Hemat energi dengan memaksimalkan pencahayaan alami juga bisa diterapkan di Indonesia. Berbeda dengan Skandinavia yang kurang sinar matahari sehingga jendela bisa dibuka sepanjang hari tanpa pelapis, penerapan jendela besar di negara tropis diperlukan penyesuaian.

“Di Indonesia mataharinya overload ya jadi jendela yang terlalu besar bisa silau dan justru membawa panas masuk ke dalam. Tapi kita bisa buat lebih redup. Saran saya gunakan screen atau blind yang bisa meredupkan panas, atau rolled-up blind untuk transfer panas jadi nggak sampai masuk ke ruangan, untuk memilih beberapa ruangan saja yang memang benar-benar memerlukan cahaya terang, untuk menghindari rumah terlalu panas karena sinar matahari yang masuk berlebihan.

Di dalam rumah memang ada beberapa ruangan yang butuh intensitas cahaya tinggi. Misalnya masak di dapur, atau tempat baca buku, di situ bisa dimaksimalkan pencahayaannya. Kegoatan yang paling perlu cahaya banyak, di situ kita buat cahaya lebih banyak masuk,” terangnya.

Selain jendela, Anda juga bisa mendapatkan cahaya alami di bagian genteng dan untuk memilih salah satu bagian genteng yang bisa dibuka, dan digantikan dengan kaca atau fiber glass transparan. Khususnya di ruangan yang memang membutuhkan cahaya terang maksimal.

“Cahaya dari genteng bisa sebagai pengganti lampu kalau siang,”

Baca juga Artikel lainya di Mahkotaproperty

×
Hallo.. Terima kasih sudah menghubungi Julizar Sayuti Consulting.
Bagaimana kami bisa membantu anda?
Jam operasional kami Senen - Jumat 08.30 s/d17.00 Sabtu 09.00 - 15.00 WIB
JUAL - BELI - SEWA PROPERTY