Dana Investasi Real Estate (DIRE)

dana Investasi Real Estate

Apa itu dana investasi real estate (DIRE)?

Dana investasi real estate (DIRE) yaitu Kontrak Investasi Kolektif (KIK) dengan tujuan mengumpulkan modal dari investor untuk investasi di bidang real estate. Dana Investasi Real Estate (DIRE) dapat di pergunakan untuk membeli aset real estate atau properti lalu pendapatannya dari menyewakan aset real estate tersebut. Dengan DIRE, investor dapat berinvestasi investasi di industri real estate/properti tanpa harus memiliki propertinya secara langsung.

Keuntungan Dana Investasi Real Estate (DIRE):

  • Investor tidak harus memiliki dan mengelola aset real estate secara langsung.
  • Diversifikasi investasi untuk mengurangi resiko investasi

DIRE (Dana Investasi Real Estat) atau dalam bahasa inggris disebut REIT (Real Estate Investment Trust) adalah salah satu instrumen investasi yang memungkinkan pengembang untuk menghimpun dana dari masyarakat atau investor/pemodal yang dikelola oleh sebuah perusahaan investasi dan kemudian digunakan untuk diinvestasikan pada sektor aset properti. Misalnya tanah, bangunan, gedung, pusat belanja, dan lain-lain.

Dengan modal terbatas investor bisa berinvestasi properti. Investasi ini tentunya harus dilakukan langsung misalnya dengan membeli tanah, atau gedung dan kemudian menyewakannya. Bisa juga secara tidak langsung yaitu dengan membeli saham atau obligasi perusahaan properti.

Real Estate Investment Trust (REITs) atau Dana Investasi Real Estate (DIRE) sudah mulai dilihat oleh investor sebagai pilihan instrumen investasi selain saham, obligasi, reksadana, dan yang lainnya. Dengan Real Estate Investment Trust (REITs) atau Dana Investasi Real Estate (DIRE) para investor dapat memiliki sebagian dari properti yang diperjualbelikan asetnya.

Perusahaan properti  dapat menjual aset yang dimilikinya kepada masyarakat melalui skema instrumen Dana Investasi Real Estate (DIRE). Perusahaan properti yang menerbitkan DIRE akan mendapatkan dana segar dari penjualan asetnya. Dana tersebut bersumber dari hasil penjualan yang didapatkan dari pembelian aset oleh investor yang kemudian bisa dipergunakan oleh developer untuk membangun properti di tempat lain.

Saat ini properti yang ditawarkan melalui DIRE hanya terbatas pada properti komersial seperti apartemen, gedung perkantoran, rumah sakit, hotel, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.

 

×
Hallo.. Terima kasih sudah menghubungi Julizar Sayuti Consulting.
Bagaimana kami bisa membantu anda?
Jam operasional kami Senen - Jumat 08.30 s/d17.00 Sabtu 09.00 - 15.00 WIB
JUAL - BELI - SEWA PROPERTY