Konsultan properti syariah

Konsultan properti syariah

Apa yang membedaan konsultan properti syariah dengan konsultan properti konvensional?

Menurut saya antara konsultan properti syariah dan konsultan properti konvensional perbedaannya hanya pada cara kerja dan pola pikir. Pada intinya sama sama mengejar keuntungan tapi dengan target marketi yang berbeda. Bisnis syariah lebih mentargetkan kepada umat islam (nieche market), meskipun ada yang bukan umat islam sebagai pembeli tetap di terima. Sementara bisis properti konvensional tidak menentukan target market yang spesific, siapa saja boleh beli asalkan layak secara financial.

Bagi sebagian pengusaha, banyak cara yang dapat di lakukan untuk menggaet pangsa pasar yang spesifik terutama umat islam. Dengan jumlah penduduk muslim Indonesia yang mencapai 70% (sumber: mediaindonesia.com) dari jumlah penduduk Indonesia 250 juta jiwa tahun 2016. Tentu saja ini menjadi kue bisnis yang sangat menarik dan sangat besar.

Bagi pengusaha muslim ini akan menjadi daya tarik sendiri walaupun bangsa Indonesia belum teredukasi dengan pola bisnis syariah. Bagi sebagian orang berbisnis dengan pola syariah itu bagus karena di anjurkan oleh agama islam untuk menghindari riba (bunga). Tapi bagi sebagian orang yang lain beranggapan bahwa antara bisnis syariah dan konvensional sama saja, hanya penyebutan namanya yang berbeda. Contoh: dalam bisnis syariah keuntungan di sebut “bagi hasil” sementara dalam bisnis konvensional disebut “bunga”

Belakangan ini banyak bermunculan developer properti berbasis syariah. Cara bisnisnya bermacam macam. Misalnya, pembayaran dapat di cicil dengan sistem bagi hasil yang sudah di tentukan di muka dan di patok dengan jumlah yang sama sampai pekerjaan selesai. Ada juga yang tidak menentukan jumlahnya berdasarkan kesepakatan saja.

Misalnya untuk membangun satu unit rumah membutuhkan biaya Rp 500 juta dan pengembang minta keuntungan 20% dari modal dasar selama waktu pembangunan. Selama mereka sepakat, transaksi ini bisa di lanjutkan. Kemudian jika si pembeli ingin membeli rumahnya dengan cara di cicil maka developer sudah menyiapkan pembiayaan dari bank syariah.

Sekarang silahkan anda tentukan sendiri mana yang baik untuk anda, antara pola syariah dan pola bisnis konvensional sama sama di izinkan oleh pemerintah.

Saat ini banyak informasi jual apartemen murah di jakarta, silahkan baca disini?

 

×
Hallo.. Terima kasih sudah menghubungi Julizar Sayuti Consulting.
Bagaimana kami bisa membantu anda?
Jam operasional kami Senen - Jumat 08.30 s/d17.00 Sabtu 09.00 - 15.00 WIB
JUAL - BELI - SEWA PROPERTY