Langkah Sukses Memulai Bisnis Dari Nol

Langkah Sukses Memulai Bisnis. Jumlah pelaku UMKM di 2018 diprediksi mencapai 58,97 juta orang. Angka ini masih tergolong kecil jika di bandingkan dengan negara tetangga  kita malaysia yang mencapai 907,065 pada tahun 2017.  Jadi kesempatan anda untuk berhasil dalam mendirikan bisnis baru sangat terbuka lebar. Dan kemungkinan berhasilpun juga besar.

Jika anda ingin memulai bisnis dan memiliki ide yang unik, ingin merancang karier yang memiliki fleksibilitas waktu bekerja dan ingin menuju kemandirian finansial, Anda harus berinvestasi dalam diri Anda dengan memulai  sebuah bisnis.

Tetapi ingat, tidak setiap bisnis akan sukses ataupun gagal. Faktanya, hanya sekitar dua pertiga dari bisnis yang ada bisa bertahan setidaknya dua tahun, dan sekitar setengah bertahan lima tahun. Jadi, Anda mungkin menghadapi tantangan nyata ketika Anda memutuskan untuk mengambil risiko. Meninggalkan pekerjaan harian Anda, dan menjadi pemilik bisnis. Jadi, jika anda ingin berhasil dan sukses dalam bisnis anda, anda harus ingat, memulai bisnis adalah memulai sebuah hubungan dengan orang (people). Jadi pastikan Anda mengikuti semua langkah yang diperlukan saat memulai bisnis Anda dapat menetapkan fondasi untuk sukses.

9 Langkah Sukses Memulai Bisnis

Langkah 1: Lakukan Riset

Kemungkinan besar Anda sudah memiliki ide bisnis yang kuat. Sekarang saatnya menyeimbangkannya dengan fakta yang ada di pasar. Apakah ide Anda berpotensi untuk berhasil? Anda perlu menjalankan ide bisnis Anda melalui proses validasi sebelum melangkah lebih jauh.

Agar bisnis anda menjadi sukses, anda harus dapat menyelesaikan sebuah masalah, memenuhi kebutuhan atau menawarkan sesuatu yang diinginkan pasar.

Ada sejumlah cara Anda dapat mengidentifikasi kebutuhan ini yaitu dengan melakukan penelitian baik berupa fokus grup, atau bahkan bertanya kepada orang di sekitar anda yang menjadi target pasar anda. Saat Anda menjelajahi pasar, beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab adalah:

  • Apakah ada kebutuhan untuk produk / layanan yang Anda tawarkan?
  • Siapa yang butuh itu/target pasar anda?
  • Apakah ada perusahaan lain yang menawarkan produk / layanan serupa?
  • Analisa kompetisi
  • Bagaimana bisnis Anda dapat diterima dan cocok dengan pasar?

Langkah 2: Buat Rencana
Anda memerlukan rencana untuk membuat ide bisnis Anda menjadi kenyataan. Rencana bisnis adalah cetak biru yang akan memandu bisnis Anda dari tahap wal dan akhirnya bisnis anda tumbuh.

Jika memiliki keterbatasan modal, dan anda bermaksud mencari dukungan keuangan dari investor atau lembaga keuangan, rencana bisnis adalah suatu keharusan. Jenis rencana bisnis ini umumnya panjang dan menyeluruh dan memiliki ketentuan ketentuan dah hal detail yang dicari oleh investor dan bank ketika mereka memvalidasi ide Anda.

Jika Anda tidak tidak membutuhkan dukungan keuangandari pihak lain, rencana bisnis sederhana dapat memberi Anda kejelasan tentang apa yang ingin Anda capai dan bagaimana Anda berencana untuk melakukannya.

Langkah 3: Rencanakan Keuangan
Memulai bisnis tidak harus membutuhkan banyak uang, tetapi benar akan membutuhkan investasi guna menutupi pengeluaran opeasional. Biaya awal bisa untuk keperluan pengurusan izin, peralatan, branding, riset pasar, inventaris, merek dagang, acara pembukaan, sewa properti, dll. Paling tidak anda harus memiliki modal minimal untuk menutupi biaya selama satu tahun. Biaya tersebut bisa untuk sewa, utilitas, pemasaran dan periklanan, produksi, persediaan, biaya perjalanan, gaji karyawan, gaji Anda sendiri, dll.

Anda perlu membuat perhitungan perkiraan biaya (forcast). Jika anda memiliki ide besar dan menurut anda bisa sukses besar seperti gojek dan bukalapak, anda bisa saja mencari modal dari investor.  Berikut beberapa sumber pendanaan yang bisa anda gunakan:

  • Lembaga Pembiayaan
  • Pinjaman usaha kecil (mikro)
  • Hibah usaha kecil
  • Angel investors
  • Crowdfunding

Anda juga dapat mencoba untuk mendapatkan bisnis Anda dari awal dengan bootstrap (memulai usaha sendiri dari kecil dengan modal sendiri)a.

Langkah 4: Pilih Struktur Bisnis
Bisnis kecil Anda dapat berupa milik sendiri, kemitraan, perseroan terbatas (PT), atau korporasi. Badan usaha yang Anda pilih akan memengaruhi banyak faktor mulai dari nama bisnis Anda, kewajiban Anda, hingga pajak.

Anda dapat memilih struktur bisnis sederhana dan kemudian mengevaluasi kembali dan mengubah struktur Anda saat bisnis Anda tumbuh. Terkadang kira membutuhkan jasa konsultan untuk mendapatkan masukan tentang langkah bisnis kedepannya.

Langkah 5: Pilih dan Daftarkan Nama Bisnis Anda
Nama bisnis Anda memainkan peran dalam hampir setiap aspek bisnis Anda. Pastikan Anda memikirkan semua implikasi dan potensi saat Anda memilih opsi  nama bisnis Anda.

Setelah memilih nama untuk bisnis Anda, Anda perlu memeriksa apakah itu merek dagang tersedia atau tidak. Anda bisa datang ke Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk memeriksa dan mendaftarkan merk dagang anda.

Selain itu Jangan lupa untuk mendaftarkan nama domain Anda setelah Anda memilih nama bisnis Anda.

Langkah 6: Pilih Sistem Anda
Usaha kecil berjalan paling efektif ketika ada sistem yang mengontrol aktifitas transaksi anda. Salah satu sistem yang paling penting untuk bisnis kecil adalah sistem akuntansi. Jika anda memiliki bisnis hotel anda bisa menggunakan Property Majagement System dari Balibur.com. Anda bisa pelajari disini.

Sistem akuntansi diperlukan untuk membuat dan mengelola anggaran, menetapkan tarif dan harga, melakukan bisnis dengan orang lain dan pajak. Anda dapat mengatur sendiri sistem akuntansi Anda, atau menyewa seorang akuntan untuk menghitung aliran kas anda.

Langkah 7: Siapkan Lokasi Bisnis Anda
Menyiapkan tempat bisnis Anda penting untuk pengoperasian bisnis Anda, apakah Anda akan memiliki kantor pusat, ruang kantor bersama atau pribadi, atau lokasi ritel.

Untuk Langkah Sukses Memulai Bisnis, Anda perlu memikirkan lokasi, peralatan, dan pengaturan keseluruhan, dan pastikan lokasi bisnis Anda berfungsi untuk jenis bisnis yang akan Anda lakukan. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah lebih masuk akal untuk membeli atau menyewakan ruang usaha Anda.

Langkah 8: Siapkan Tim Anda
Jika Anda akan merekrut karyawan, sekaranglah saatnya untuk memulai proses rekrutment. Pastikan Anda mendapatkan orang yang cocok untuk mengisi posisi yang nantinya menjalankan usaha anda. Langkah Sukses Memulai Bisnis Yang paling penting adalah orang yang memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan.

Jika Anda tidak merekrut karyawan, tapi anda ingin menggunakan jasa pihak ketiga atau outsourching boleh boleh saja. Tapi pastikan anda memiliki perjanjian yang legal.

Jika Anda seorang solopreneur sejati yang memukul jalan bisnis kecil sendirian, Anda mungkin tidak memerlukan karyawan atau kontraktor, tetapi Anda masih akan membutuhkan tim dukungan Anda sendiri. Tim ini dapat terdiri dari seorang mentor, pelatih bisnis kecil, atau bahkan keluarga Anda, dan berfungsi sebagai sumber daya Anda untuk mendapatkan saran, motivasi dan kepastian ketika jalan menjadi bergelombang.

Langkah 9: Promosikan Bisnis Kecil Anda
Setelah bisnis Anda berjalan, Anda harus mulai mencari klien dan pelanggan. Anda akan ingin memulai dengan dasar-dasarnya dengan membuat rencana pemasaran. Kemudian, jelajahi ide-ide pemasaran bisnis kecil sebanyak mungkin sehingga Anda dapat memutuskan bagaimana cara mempromosikan bisnis paling efektif.

Setelah Anda menyelesaikan kegiatan memulai bisnis ini, Anda akan banyak menghabiskan waktu untuk bisnis anda. Pastikan semua seimbang antara bisnis, keluarga, social, budaya dan agama. Ingatlah bahwa kesuksesan tidak terjadi dalam semalam. Tetapi gunakan rencana yang Anda buat untuk secara konsisten mengerjakan bisnis Anda, dan Anda akan meningkatkan peluang keberhasilan Anda.

Artikel yang juga bermanfaat:

Bagaimana Cara Melakukan Riset Pasar – 2019

Apa Arti Captive Market?

5 Cara Melakukan Analisis Peluang Pasar – Analisis Pasar

Undang-undang No. 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman

Langkah Sukses Memulai Bisnis Online 2019

Langkah Langkah Memulai Bisnis Kecil - 2019
Langkah Langkah Memulai Bisnis Kecil - 2019 1

Langkah Sukses Memulai Bisnis Dari Nol Langkah Sukses Memulai Bisnis. Jumlah pelaku UMKM di 2018 diprediksi mencapai 58,97 juta orang. Angka ini masih terg

Editor's Rating:
4.9