Apa itu market analysis atau analisa pasar??

Market Analysis Properti atau Analisis pasar adalah penilaian kuantitatif dan kualitatif dari suatu pasar. Ini melihat ke ukuran pasar baik dalam volume dan nilai, berbagai segmen pelanggan dan pola pembelian, persaingan, dan lingkungan ekonomi dalam hal hambatan untuk masuk dan regulasi.

Dalam industri property di kenal dengan istilah CMA atau Comparative Market Analysis

Apa itu Comparative Market Analysis

Comparative Market Analysis atau Analisis pasar komparatif adalah pemeriksaan harga di mana properti serupa di daerah yang sama baru-baru ini dijual. Agen properti melakukan CMA untuk klien mereka guna membantu mereka menentukan harga yang harus dicantumkan saat menjual rumah atau harga yang ditawarkan ketika membeli rumah.

Karena tidak ada dua properti yang identik, agen properti akan membuat penyesuaian untuk perbedaan antara properti yang dijual dan yang akan dibeli atau yang terdaftar sebagai listing mereka untuk menentukan penawaran yang pantas atau harga jual yang pantas. Pada dasarnya, Comparative Market Analysis hanyalah penilaian sederhana yang di lakukan oleh agen properti dan jarang di pakai dalam indutri penilaian atau apprisal karena kurang canggih dari penilaian formal dan profesional.

CMA juga dapat mencakup properti yang saat ini terdaftar, terutama jika tidak ada properti serupa yang baru saja terjual. Namun, daftar harga hanya menunjukkan apa yang diharapkan penjual untuk mendapatkan properti dan tidak mencerminkan apa yang sebenarnya layak dan tepat.

Meskipun analisis pasar komparatif bukan merupakan penilaian resmi, agen properti menggunakan banyak praktik dan metode serupa yang akan digunakan oleh seorang penilai untuk mendapatkan nilai wajar untuk properti tersebut. Jika rumah atau properti sangat khas dan  unik di mana tidak ada properti yang sebanding ditemukan, mungkin untuk citra positif ke pemilik properti maka meraka bisa saja membayar jasa penilai formal untuk menilai properti tersebut.

Contoh Analisis Pasar Komparatif

Sebagai contoh, Seorang pelanggan menghubungi agen properti untuk memasarkan rumah dengan kriteria tiga kamar tidur, dua kamar mandi  dengan luas tanah sekitar 120meter persegi dengan luas bangunan 200m dengan harga penawaran pertama Rp 3.000.000.000. Maka agen properti mencoba mencari rumah dengan kriteria ini yang terdaftar untuk dijual seharga Rp 3.000.000.000.

Agen properti ini melakukan analisis pasar komparatif atau CMA dan menemukan tiga properti serupa yang baru-baru ini dijual di daerah atau di likasi yang sama. Yang pertama identik dalam segala hal dengan properti yang di minta kecuali lokasinya terletak di jalan yang padat dan baru saja terjual seharga Rp 2.775.000.000.  Yang kedua memiliki kriteria yang sama dengan empat kamar tidur, tiga kamar mandi, dan terletak di lokasi yang sedikit agak jauh namun masih bisa masuk dalam kategori perbandingan dan saat itu dijual seharga Rp 3.150.000.000.  Yang ketiga memiliki empat kamar tidur, terletak di tanah lebih besar beberapa meter persegi, tetapi hanya memiliki dua kamar mandi, yang keduanya sudah ketinggalan jaman; itu dijual seharga Rp 2.965.000.000.

Berdasarkan data perbedaan dalam properti yang diperiksa dalam CMA, agen properti menentukan bahwa Rp 300.000.000 adalah harga jual yang wajar. Maka agen properti tersebut menawarkan ke kliennya untuk menawarkan Rp 2.975.000.000 dengan harapan bernegosiasi dengan penjual untuk membeli properti di Rp 295.000.000

Bagaimana cara melakukan analisis pasar yang lebih lengkap dan professional?

Tujuan analisis pasar untuk sebuah rencana bisnis adalah untuk menunjukkan kepada investor bahwa:

  • Anda memahami pasar yang anda ingin tuju
  • Pasarnya cukup besar untuk membangun bisnis yang berkelanjutan

Untuk melakukan itu, anda harus melakukan analisa berikut:

  • Demografi dan Segmentasi
  • Target Market
  • Kebutuhan Pasar (Market Need)
  • Kompetisi
  • Hambatan untuk Masuk (Barriers to Entry)
  • Peraturan (Regulation)

Jadi Analisis pasar untuk properti investasi mengikuti prinsip yang sama dengan properti hunian. Pada dasarnya, Anda perlu mengumpulkan data tentang properti di daerah Anda. Cari yang sebanding dengan properti Anda yang saat ini terdaftar untuk dijual atau baru saja dijual.

1. Langkah pertama adalah analisis properti. Anda harus menganalisis properti Anda termasuk berbagai karakteristik obyektif dan subyektif seperti:

  • Area dan lingkungan
  • Luas lahan
  • Jumlah kamar tidur dan kamar mandi properti sejenis
  • Ruangan lain
  • Jumlah lantai
  • Usia konstruksi
  • Fasilitas dan fitur seperti kolam renang, taman, perapian, balkon, beranda, dll.
  • Lokasi sehubungan dengan jalan, pasar, transportasi umum, sekolah, dll.
  • Pengembangan terbaru yang saat ini berjalan

Informasi lebih lengkap untuk analisa pasar atau market analysis anda bisa hubungi kami disini:

hubungi

Bagaimana Cara Melakukan Riset Pasar – 2019

Apa Arti Captive Market?

5 Cara Melakukan Analisis Peluang Pasar

Market Analysis Properti Untuk Real Estate
Market Analysis Properti Untuk Real Estate 1

Apa itu market analysis atau analisa pasar?? Market Analysis Properti atau Analisis pasar adalah penilaian kuantitatif dan kualitatif dari suatu pasar. Ini

Editor's Rating:
4.7