Mengapa Membuat Riset Pasar? Bisnis yang sukses adalah yang memiliki pengetahuan luas tentang pelanggan dan pesaing mereka. Dengan demikian perlu di buat Riset Pasar guna mengumpulkan informasi yang akan membuat Anda memahami tentang bagaimana pengguna produk atau jasa yang anda harapkan bereaksi terhadap produk dan layanan Anda.

Riset pasar adalah pengumpulan dan analisis informasi tentang konsumen, pesaing, dan efektivitas program pemasaran. Saya akan menjabarkan sedikit tentang Membuat Riset Pasar sehingga pemahaman anda tentang bisnis dan pesaing bisa lebih jelas.

Riset pasar sangat penting untuk memulai bisnis.Iini juga berguna bagi bisnis yang sudah mapan untuk meningkatkan keuntungan. Ini informasi yang akurat tentang pasar, target pasar (pelanggan), dan persaingan yang memungkinkan pengembangan rencana pemasaran yang sukses.

Tujuan melakukan riset pasar adalah untuk melengkapi diri Anda dengan informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat tentang 4 P:

  • Produk (Produk) – Anda perlu mengemas produk atau layanan Anda berdasarkan temuan tentang apa yang  diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan Anda. Disini anda harus fokus pada hal-hal seperti fungsi, penampilan dan layanan pelanggan atau jaminan.
  • Harga (Price) – Tetapkan harga berdasarkan margin keuntungan yang wajar, analisa harga pesaing, opsi pembiayaan atau harga yang akan dibayar oleh pelanggan.
  • Penempatan (Place) – Anda harus tau dimana mengatur, memproduksi dan mendistribusikan produk tersebut kepada pelanggan. Bandingkan karakteristik berbagai lokasi dan nilai tempat penjualan eceran, grosir, online maupun offline.
  • Promosi (Promotion). Cari tahu cara terbaik untuk menjangkau segmen pasar tertentu (remaja, keluarga, siswa, profesional, dll). Dan juga harus tau tentang periklanan dan publisitas, media sosial, dan branding.

Intuisi dan pengalaman kadang-kadang bisa membantu dalam memenangkan kompetisi bisnis. Tetapi penelitian dan fakta seringkali memberi gambaran yang lebih akurat tentang pasar Anda.

Dengan melakukan penelitian secara teratur, Anda dapat mengikuti dinamika ekonomi dan demografi. Anda juga dapat menyesuaikan diri dengan peraturan baru dan terobosan teknologi.

Manfaat Riset Pasar Untuk Bisnis

Riset pasar sebagaimana disebutkan di atas adalah strategi bisnis yang biasa digunakan oleh usaha kecil, menengah atau besar. Melaukan riset pasar adalah strategi yang efektif untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan oleh bisnis anda. Hal yang perlu diketahui oleh pebisnis adalah mengenai area pasar saat ini. Bagaimana cara Membuat Riset Pasar, berikut adalah beberapa cara dan manfaat melakukan riset pasar ke bisnis:

  • Identifikasi peluang bisnis. Sebuah riset pasar memungkinkan Anda menemukan peluang besar di sekitar Anda untuk mengurangi risiko dalam bisnis anda.
  • Mengidentifikasi risiko. Riset pasar akan mengidentifikasi risiko yang mungkin muncul.
  • sehingga Anda dapat membuat rencana tentang cara mengurangi efek atau risiko tersebut pada bisnis Anda.
  • Explorasi pesaing. Melakukan riset pasar akan memberi tahu Anda apakah ada bisnis lain yang menyediakan produk dan layanan yang sama. Tentu saja di area dan pangsa pasar yang sama. Kalaupun misalnya ada, anda bisa mencari tau apa kelebihan dan kekurangan mereka.
  • Komunikasi pelanggan. Sebuah riset pasar memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan. Sehingga anda bisa mengetahui preferensi, pendapat, dan saran mereka tentang cara meningkatkan produk atau layanan Anda.
  • Gambaran umum tentang pasar secara umum. Riset pasar membantu Anda mengamati lingkungan eksternal. Selain itu juga bisa untuk mengetahui jenis bisnis yang berbeda yang berkompetisi dalam area pasar yang sama.

Riset pemasaran dapat memberikan gambaran bisnis tentang jenis produk dan layanan baru apa yang dapat memberikan keuntungan. Untuk produk dan layanan yang sudah tersedia, riset pemasaran dapat memberi tahu perusahaan apakah mereka memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan mereka atau tidak.

Bagaimana Bisnis Menggunakan Riset Pasar?

Pemilik bisnis menggunakan riset pasar untuk:

  1. Menentukan kelayakan bisnis. Riset pasar adalah komponen penting dari rencana bisnis untuk bisnis pemula – jika riset pasar tidak menunjukkan permintaan untuk produk atau layanan, bisnis yang diusulkan kemungkinan tidak akan layak.
  2. Uji minat pada produk atau layanan baru untuk menanggapi kebutuhan pelanggan.
    Temukan dan kembangkan pasar baru atau perluas yang sudah ada.
  3. Menemukan peluang baru. Pantau tren industri dan ekonomi dan kembangkan strategi untuk menyesuaikan bisnis dengan lingkungan yang terus berubah.
  4. Tentukan penempatan produk yang optimal – kapan, di mana, dan bagaimana suatu produk atau layanan akan didistribusikan.
  5. Meningkatkan aspek bisnis, seperti layanan pelanggan.
  6. Memantau persaingan/kompetisi – memeriksa iklan pesaing, situs web, kampanye media sosial dan media massa, dll. Untuk melihat bagaimana mereka berusaha menangkap sebagian pangsa pasar Anda.
  7. Mengembangkan strategi kompetitif – misalnya, menetapkan harga kompetitif untuk produk atau layanan atau menentukan bagaimana produk / layanan dan layanan pelanggan Anda dibandingkan dengan pesaing.
  8. Mengembangkan strateg promosi – cara menyampaikan pesan ke target pasar melalui branding, iklan tradisional dan / atau media sosial, dll.

Baca juga artikel terkait Membuat Riset Pasar

Apa Arti Captive Market?

Konsultan Properti Di Semarang

 

Tips Membuat Riset Pasar - Terbaik 2019
Tips Membuat Riset Pasar - Terbaik 2019 1

Mengapa Membuat Riset Pasar? Bisnis yang sukses adalah yang memiliki pengetahuan luas tentang pelanggan dan pesaing mereka. Dengan demikian perlu di buat R

Editor's Rating:
4.9