Undang Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun - rumah susun

Rumah susun adalah bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan yang terbagi dalam bagian-bagian yang distrukturkan secara fungsional, baik dalam arah horizontal maupun vertikal dan  merupakan satuan-satuan yang masing-masing dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah, terutama untuk
tempat hunian yang dilengkapi dengan bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Penyelenggaraan rumah susun adalah kegiatan perencanaan, pembangunan, penguasaan dan pemanfaatan, pengelolaan, pemeliharaan dan perawatan, pengendalian, kelembagaan, pendanaan dan sistem pembiayaan, serta peran masyarakat yang dilaksanakan secara sistematis, terpadu, berkelanjutan, dan bertanggung jawab.

Satuan rumah susun yang  juga disebut sarusun adalah unit rumah susun yang tujuan utamanya digunakan secara terpisah dengan fungsi utama sebagai tempat hunian dan mempunyai sarana penghubung ke jalan umum.

Rumah susun umum adalah rumah susun yang diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi  masyarakat berpenghasilan rendah.

Download disini

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun - download icon 250x79

Aturan  mengenai rumah susun awalnya terdapat di Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1986 tentang Rumah Susun. Dengan berjalannya waktu, aturan-aturan yang terdapat di UU Nomor 16 Tahun 1986 tersebut tidak dapat berjalan baik dan mengimbangi perkembangan zaman yang terjadi di bidang pemukiman, terutama di bidang rumah susun.

Dengan adanya globalisasi, budayan dan kehidupan masyarakat yang berkembang menuntut pemerintah untuk mengesahkan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun. Pada tanggal 10 November 2011 pemerintah mengundangkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun. Tujuan penyelenggaraan rumah susun yang terdapat di undang-undang ini adalah:

  • Menjamin terwujudnya rumah susun yang layak huni dan terjangkau
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemanfaatan ruang
  • Mengurangi  dan mencegah timbulnya perumahan dan pemukiman kumuh
  • Pengembangan kawasan perkotaan
  • Memenuhi kebutuhan sosial dan ekonomi Masyarakat
  • Memberikan kepastian hukum dalam penyediaan, hunian, pengelolaan dan kepemilikan rumah susun

Selain itu tujuan utama UU Nomor 20 Tahun 2011 adalah untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal yang terjangkau oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

×
Hallo.. Terima kasih sudah mengunjungi Julizar.com. KONSULTAN PROPERTI #1 DI INDONESIA
Bagaimana kami bisa membantu anda?
Jam operasional kami Senen - Jumat 08.30 s/d17.00 WIB
JUAL - BELI - SEWA PROPERTY